Saat Anda memulai bisnis, Corporate Branding sejauh ini merupakan bagian terpenting dari teka-teki. Faktanya, strategi branding Anda sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda dalam jangka panjang. Merek korporat lebih dari sekadar logo, merek tersebut menetapkan relevansi dan kredibilitas bisnis Anda, serta menentukan bagaimana calon pelanggan memandang bisnis Anda. Merek juga merupakan seragam dari agen lambang Anda yang mewakili atribut yang diinginkan dari produk, layanan, dan inisiatif perusahaan Anda yang secara visual mengkomunikasikan diri Anda kepada pasar, apa yang trademark indonesia Anda lakukan, dan bagaimana Anda melakukannya.

Sepuluh strategi ini akan membantu Anda meletakkan dasar yang tepat untuk mengubah merek perusahaan Anda menjadi pembangkit tenaga listrik.

1- Pilih nama perusahaan yang relevan dengan bisnis Anda. Y nama bisnis kita harus mendefinisikan sifat dari bisnis Anda dan harus jelas. Pilih dengan bijak karena akan bertahan selamanya.

2- Pahami target pasar Anda dan pelanggan Anda. Jika Anda ingin membangun merek yang secara efektif menargetkan pasar yang tepat, Anda harus tahu siapa yang Anda targetkan, serta siapa pelanggan Anda. Langkah ini sangat penting dan harus didefinisikan dengan baik jika tidak, pasar yang ingin Anda targetkan dengan merek Anda, mungkin bukan yang Anda tarik.

3- Pisahkan diri Anda dari pesaing Anda. Persaingan sengit. Mengetahui penawaran bisnis Anda dan memahami persaingan akan membantu Anda membedakan diri dan memposisikan bisnis Anda di pasar.

4- Tulislah pernyataan misi yang kuat. Pernyataan misi memperkuat dan mendefinisikan nilai inti dan komitmen perusahaan. Buat tetap jelas, sederhana dan singkat. Berfokuslah pada “Apa yang Anda bisa” daripada “Anda ingin menjadi apa”. Merek Anda harus mencerminkan pernyataan misi Anda.

5- Buat logo profesional yang mewakili bisnis Anda. Logo yang dirancang dengan baik tidak hanya memberikan pengakuan tetapi, juga, memberikan citra yang kuat dan instan tentang siapa Anda di dunia luar. Ini benar-benar agen simbolik yang mewakili atribut bisnis Anda. Memiliki logo luar biasa yang mencerminkan profesionalisme dan kepercayaan bisnis Anda pasti akan memberi Anda dasar yang kokoh untuk branding Anda dengan keunggulan yang jelas atas pesaing Anda.

6- Integrasikan tagline yang menarik dengan logo Anda. Menggunakan slogan atau slogan yang menarik dengan logo Anda menambahkan informasi tambahan yang menentukan siapa Anda. Ini juga membantu perusahaan Anda menonjol di antara pesaing Anda. Meskipun tagline berkembang seiring waktu, tagline harus mengungkapkan atribut terbaik perusahaan Anda.

7- Pilih skema warna yang sesuai dengan industri Anda. Memilih warna yang tepat untuk identitas Anda adalah bagian penting dari proses merek. Jangan meremehkan kekuatan warna, pemilihan warna Anda dapat benar-benar “membuat” atau “menghancurkan” strategi pencitraan merek Anda secara keseluruhan.

8- Konsisten dengan penggunaan identitas merek perusahaan Anda. Untuk membangun pengenalan merek yang kuat, Anda harus tetap konsisten dengan penggunaan logo, warna, dan tagline Anda dengan menstandarkan semua materi pemasaran, papan nama, situs web, dan proyek lainnya. Bahkan perilaku telepon Anda dan layanan pelanggan Anda harus mencerminkan merek Anda sehingga pelanggan dapat memiliki pengalaman yang konsisten dan membangun kepercayaan pada Anda. Terlalu banyak perusahaan yang lalai menerapkan poin ini ke dalam praktik yang menunjukkan kepada klien kurangnya kualitas, konsistensi, dan profesionalisme.

9- Jangan pernah kompromi branding Anda untuk menghemat uang. Kesalahan paling umum yang dilakukan pengusaha baru adalah percaya bahwa mereka dapat menghemat uang dengan membuat merek mereka sendiri atau meminta teman dari teman yang membuatnya untuk mereka. Tentu saja, Anda dapat menghemat uang dengan melakukannya sendiri, tetapi jika tidak memiliki keterampilan yang diperlukan untuk membuat merek yang efektif, ini akan mengakibatkan hilangnya penjualan. Corporate branding harus menjadi inti dari investasi awal Anda karena meletakkan fondasi yang tepat untuk membangun merek Anda untuk pertama kalinya dapat berarti perbedaan antara “kegagalan” atau “kesuksesan”.

10- Pantau, perbaiki, dan pertahankan ID Perusahaan Anda. Branding bukanlah kesepakatan satu kali, ini adalah proses berkelanjutan untuk memenuhi ekspektasi pasar Anda. Setelah diluncurkan, komunikasi merek dan pemasaran Anda harus terus dipantau dan disempurnakan untuk memastikan bahwa pesan Anda selaras dengan pasar Anda setiap saat. Pengusaha yang memahami konsep ini dan yang berkembang dengan tuntutan pasar mereka akan menjadi orang yang bertahan dan sejahtera.

Seperti yang Anda lihat, branding perusahaan lebih dari sekadar logo dan ketika Anda berhasil membangun merek korporat yang efektif, itu hanya dapat diterjemahkan ke lebih banyak bisnis untuk Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *